Keunggulan Pertamax Dibandingkan dengan Premium dan Efeknya pada Sepeda Motor

Keunggulan Pertamax Dibandingkan dengan Premium dan Pengaruhnya terhadap Sepeda Motor - Setelah harga BBM bersubsidi naik pada bulan November, banyak pengendara sepeda motor yang beralih menggunakan Pertamax. Meskipun harganya lebih mahal, perbedaannya hanya beberapa yang bisa mendapatkan bahan bakar berkualitas lebih baik. Harga pertamax saat ini Rp. 10.800, sedangkan premi Rp. 8500. Itu artinya selisihnya hanya Rp. 2,300, - saja. Khusus pada bulan November, harga Pertamax jatuh di bawah Rp. 10.000. Ini akan berdampak pada meningkatnya jumlah pengguna motor yang menggunakan Pertamax. Lalu apa efek pertamax jika digunakan untuk sepeda motor?
Keunggulan Pertamax Dibandingkan dengan Premium dan Efeknya pada Sepeda Motor

Keunggulan Pertamax Dibanding Premium

Pertamax adalah bahan bakar utama dari Pertamina yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 untuk menggantikan 98 Premix. Dengan harga yang dibanderol lebih tinggi dari premium, tentu saja Pertamax memiliki beberapa kelebihan. Sebelum Anda beralih menggunakan Pertamax mungkin Anda harus terlebih dahulu mengetahui keuntungan dari pertamax:

  1. Pertamax adalah bahan bakar tanpa timbal yang mengandung aditif deterjen generasi ke-5. Jadi jika dalam bahan bakar adalah kotoran, maka akan dibersihkan dengan aditif. Dengan demikian beberapa komponen seperti injektor dan ruang bakar akan lebih bersih. Zat ini tidak ada dalam bahan bakar bersubsidi atau premium.
  2. Perbedaan antara pertamax dan premium adalah salah satunya dalam nilai oktan. Pertamax memiliki RON (researc octane number) 92 sedangkan Premium hanya 88. Nilai oktan itu sendiri adalah nilai yang menunjukkan ketahanan bahan bakar terhadap tekanan kompresi. Semakin tinggi nilai oktan, semakin tahan terhadap tekanan kompresi. Jadi sepeda motor yang memiliki kompresi tinggi sangat disarankan untuk menggunakan bahan bakar pertamax. Jika terus dipaksakan menggunakan premium, itu mungkin menyebabkan knocking. Ketukan ini sangat berpotensi merusak komponen mesin.
  3. Pada motor kompresi tinggi, menggunakan bahan bakar pertamax dapat menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna yang menghasilkan emisi rendah. Artinya Pertamax bisa dikatakan salahsatu bahan bakar yang ramah lingkungan.

Apa Efek Mengoplos Pertamax dan premium?

Mungkin di antara Anda ada campuran pertamax dan premium. Jika tujuan Anda untuk meningkatkan nilai oktan hal ini baik-baik saja dan tidak merusak mesin. Pencampuran antara pertamax dan premium akan memiliki efek linier pada nilai-nilai oktan. Misalnya, jika Anda mencampur dengan rasio 1: 1, nilai oktan yang diperoleh adalah 90 yaitu dari pertamax 92 dan premium 88. Namun pertamax berisi zat pembersih sedangkan premium tidak. Dengan demikian aditif dalam pertamax tidak berfungsi optimal, yang komposisinya telah berubah.

Setelah mengetahui beberapa kelebihan Pertamax atas premium di atas, apakah Anda tertarik untuk beralih menggunakannya? Secara garis besar, efek menggunakan pertamax pada sepeda motor memiliki dampak yang baik, terutama bagi motor yang memiliki kompresi tinggi. Pembakaran dalam silinder lebih sempurna dan beberapa komponen mesin lebih bersih. Jika Anda berniat untuk menggabungkan pertamax dan premiumun baik-baik saja, hanya saja aditif di pertamax tidak berfungsi lagi secara optimal.

0 comments