Kenali Penyebab Kampas Rem Cakram Cepat Habis

Kenali Penyebab Kampas Rem Cakram Cepat Habis - Mungkin di antara Anda semua sudah merasakan bantalan rem cakram habis seperti ini dialami oleh Herminanto, warga Bantul Yogyakarta. "Baru bulan lalu saya mengganti kampas rem, tapi sekarang habis," keluhnya. Herminanto, yang bekerja sebagai buruh pabrik, mengeluh bahwa rem sepeda motor tidak lagi dalam kondisi baik. Setelah dia memeriksanya ternyata kampas rem sudah tipis, meskipun dia baru saja mengganti kampas remnya hanya bulan lalu. Setelah saya periksa ternyata penyebabnya adalah piringan remnya oleng.
Kenali Penyebab Kampas Rem Cakram Cepat Habis
Penyebab lapisan rem cakram yang cepat habis seperti ini sering ditemukan pada beberapa motor. Salah satu indikasinya adalah bahwa ketika dulunya ngerem akan terasa "ndutdut". Penyebab utama cakram gemetar adalah gesekan. Solusinya adalah mengganti cakram yang oleng dengan yang baru. Jadi bagaimana cakram yang oleng menyebabkan lapisan rem cepat habis? Jelas, cakram yang oleng dapat menyebabkan kampas rem cepat habis, karena ketika rem belum digunakan, lapisan rem telah bergesekan dengan cakram yang oleng. Karena ini terjadi terus menerus ketika roda berputar, akibatnya kampas rem akan menipis dengan cepat dan bahkan cakram bisa aus.

Indikasi atau tanda cakram yang oleng ini adalah bahwa ketika mengerem atau menekan tuas rem akan terasa meliuk. Tuas rem seperti bergerak maju mundur terus menerus. Jika tidak begitu terasa, pastikan untuk melihat pergerakan cakram dari depan. Putar roda dan lihat gerakan cakram dari depan, jika cakram bergetar maka akan terlihat jelas. Penyebab lain dari cakram yang goyah ini adalah pemilik sepeda motor sering lupa untuk membuka gembok yang biasanya dipasang untuk keamanan. Jika hanya satu atau dua kali mungkin tidak terlalu berpengaruh. Namun, jika ini sering dilakukan maka pasti akan memicu cakram yang oleng. Selain itu, usia cakram juga bisa menjadi penyebab cakram bergetar yang menyebabkan bantalan rem cepat habis. Jika cakram sudah dimakan oleh usia, permukaannya biasanya akan aus dan menjadi lebih tipis. Karena panas gesekan dengan bantalan rem, cakram tipis dari waktu ke waktu akan melengkung.

Jadi penyebab utama kampas rem cepat adalah kondisi piringan yang sudah tidak baik. Lakukan pemeriksaan pada piringan terhadap keolengan. Jika piringan masih bagus, faktor lain yang menyebabkan bantalan rem cepat habis adalah kualitas kampas rem itu sendiri. Jadi sebaiknya membeli kampas rem yang memiliki kualitas bagus meskipun harganya sedikit lebih mahal.

0 comments