Cara Memperbaiki Starter Motor Rusak atau Mati

Cara memperbaiki  starter motor - Salah satu komponen pada sepeda motor yang juga memiliki peran vital adalah starter motor. Jika sepeda motor Anda dilengkapi dengan kick starter, jika motor starter mati mungkin bukan masalah yang signifikan. Karena Anda masih bisa menyalakan motor dengan menggunakan kick starter. Namun ada beberapa sepeda motor yang tidak dilengkapi dengan kick starter. Lalu apa yang terjadi jika sepeda motor tidak hidup? satu-satunya cara adalah didorong. Ini tentu akan sangat merepotkan.
Cara Memperbaiki Starter Motor Rusak atau Mati
Untuk memperbaiki starter motor, tentu Anda harus mengetahui gejala awal kerusakan pada starter motor. Periksa gejala awal dari kematian motor seperti suara kasar, atau bahkan tidak ada suara sama sekali ketika tombol starter ditekan. Jika saat tombol starter ditekan tetapi motor starter tidak berputar alias hanya diam maka kemungkinan besar disebabkan oleh baterai motor yang lemah. Kerusakan starter sepeda motor dapat terjadi dalam empat komponen, yaitu aki, rangkaian, starter relay, dan starter motor itu sendiri. Berikut ulasan untuk cara memeriksanya.

Cara Memeriksa dan Cara Memperbaiki Starter Motor

Aki/Baterai

Baterai merupakan komponen yang sangat penting pada sepeda motor, karena komponen ini sebagai sumber arus listrik untuk salah satu motor untuk sistem starter. Jika ketika tombol starter ditekan tetapi motor starter atau dinamo starter diam alias tidak mau berputar maka yang pertama kali harus dicek adalah sumber baterai. Gunakan multimeter atau avo meter dan periksa voltase baterai. Tegangan baterai yang baik tidak kurang dari 12 volt. Jika kurang, ada dua kemungkinan, yaitu sistem pengisian yang memiliki masalah atau memang baterai telah rusak.

Rangkaian starter

Jika ternyata tegangan baterai masih bagus maka langkah selanjutnya adalah memeriksa Rangkaian starter. Periksa sirkuit starter mulai dari kabel yang rusak, soket atau tombol starter yang kotor. Metodenya menggunakan multimeter, periksa apakah arus listrik mengalir atau tidak. Jika ada kabel yang rusak, harus diganti dengan yang baru atau jika Anda terpaksa menghubungkannya kembali, jika tombol starter kotor, bersihkan dengan amplas halus.

Relay Starter

Komponen yang satu ini berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk memutuskan dan menghubungkan arus listrik yang cukup tinggi dari baterai ke  starter motor. Bagaimana cara memeriksanya, hubungkan dua kabel (biasanya ada soket) ke baterai (+ dan -), jika suara "cetak" berarti masih bagus. Jika tidak, kemungkinan besar bendungan sudah mati dan cara memperbaikinya adalah mengganti dengan yang baru.

Motor Starter

Kerusakan motor starter jarang terjadi. Periksa menggunakan multimeter dengan menggunakan probe (+) yang terhubung ke kabel yang mengarah ke motor starter dan probe (-) yang terhubung ke massa. Tekan tombol starter dan periksa apakah ada aliran listrik yang mengalir atau tidak. Jika ada, maka Anda bisa yakin motor starter mati. Kerusakan motor starter memiliki dua kemungkinan, sikat (brush) aus atau kumparan rusak. Jika hanya brushnya yang aus, Anda dapat menggantinya dengan yang baru, tetapi jika ternyata spabile rusak maka harus dibawa ke dinamo service.

Jadi begitulah cara memperbaiki motor starter yang bisa Anda lakukan di rumah. Nah, agar starter sepeda motor tetap bagus, Anda harus melakukan perawatan sepeda motor secara teratur.

https://tipstrickotomotif.blogspot.com/2014/10/cara-memperbaiki-starter-motor-yang-mati.html

0 comments